PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN IBU RUMAH TANGGA
Kata Kunci:
Digital Marketing, Pengembangan Kewirausahaan, Ibu Rumah TanggaAbstrak
Perkembangan teknologi berkembang sangat pesat, sehingga mau tidak mau masyarakat harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut, bila tidak akan tertinggal. Dalam melakukan suatu usaha, media sosial dapat dikatakan sebagai salah satu sarana untuk komunikasi pemasaran, sehingga dapat menimbulkan peluang bagi masyarakat dalam melakukan pengembangan kewirausahaan, khususnya Ibu Rumah Tangga yang minat dalam berwirausaha. Namun penggunaan media sosial masih menjadi kendala bagi para ibu rumah tangga dalam melakukan pengembangan suatu usahanya di Perum Grand Metro Indihiang.
Masalah utama yang dihadapi Ibu Rumah Tangga ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan baik secara konvensional (offline) maupun secara online, khususnya e-commerce. Minimnya pengetahuan Ibu Rumah Tangga mengenai digital marketing menginspirasi dilakukan pengabdian kepada masyarakat untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Jika pelaku ibu rumah tangga paham akan pentingnya digital marketing bagi peluang bisnis usaha, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan peluang bisnis untuk usahanya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial.
Referensi
Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104.
Ana K., Hermina M., Siti M., Bekti I., Nurhafifah M., & Ridwan. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Usaha Ekonomi Kreatif Home Industri Rumah Tangga Melalui Digital Marketing. Jurnal Ikraith-Abdimas, 7 (3), 301 – 313.
Astuti, A. W . W . (2012). Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga (suatu kajian pemenuhan kebutuhan pendidikan anak pada 5 ibu pedagang jambu biji di desa bejen kecamatan bejen kabupaten temanggung). Journal of Nonformal Education and Community Empow erment, 1(2).
Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee Pengarang. Jurnal Ekonomi & Bisnis.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara.
Kuswanti A, Oktarina S. (2019). Pemanfaatan media informasi bagi kemandirian ibu rumah tangga. Jurnal Suluh Pembangunan: Journal of Extension and Development.1(1): 47-55.
Restiana A., Camal H., Chandra A., Saputra A., Natanael H. (2024). Sosialisasi Marketplace Dalam Mengembangkan Minat Wirausaha Ibu Rumah Tangga Di Desa Lumbu. Wikuacitya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 03 (02) : 18 – 22.
Suzana, A.J., Arinastui, Mahmudah, I., & Larasmanah W. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Menunjang Kemajuan UMKM di Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Wikuacitya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).